NESTED CONDITIONAL

 

NESTED CONDITIONAL

 

Kali ini kita akan mempelajari satu materi yang sangat menarik dalam menggunakan Bahasa C++, yaitu nested condition. Nested conditional kita mencampur aduk if ke dalam if yang lainnya, itu yang dinamakan nested conditional.

 

Nested conditional ? 

Nested conditional adalah Ketika kamu mempunyai suatu kondisi yang berada di dalam kondisi lainnya dan Keputusan kondisi yang berada di dalam kondisi lainnya itu bergantung pada kondisi yang sebelumnya. Contoh, misal kamu ingin keluar jalan – jalan, pertama kamu mikir “ jalan – jalan kemana ya enaknya?”, kemudian kalua sudah menemukan tujuan maka kamu berfikir lagi “ kalau jalan – jalan kesini, bensin motor aku ada tidak ya? Kurang lebih seperti itu lah cara berfikir dari nested conditional.

 

Contoh Nested conditional

 

·       Notasi

 


 

·       Kode program

 

//judul	: percobaan nested conditional
//oleh	: penulis 
//waktu : 24 desember 2023 
#include<iostream> 
using namespace std; 

//kamus 

	int angka;


//deskripsi 

main (){
	cout << "masukkan bilangan" ;
	cin >> angka ;

	//ini adalah kondisi awal 
	if (angka != 0 ){
    //ini adalah kondisi jika kondisi awal terpenuhi 
		if ((angka % 2) == 0 ){
			cout << " ini bilangan genap" ;
		}
		else{ // ini kondisi jika kondisi di atas tidak terpenuhi 
			cout << "ini bilangan ganjil";
		}
	}
	else {  //ini adalah kondisi jika kondisi awal tidak terpenuhi
		cout << " bilangan ini tidak genap ataupun ganjil" ;
	}
}


Penjelasan

·       Variabel angka bertipe integer untuk menamput data angka yang akan kita masukkan.

·       if yang pertama kita cek apakah inputan angka yang di masukkan sama dengan 0 (nol) atau tidak,          jika tidak maka masuk ke dalam kondisi if di dalam.

·      if kedua adalah if  yang berada di dalam if yang pertama, disitu angka yang sudah di cek kondisi             awal di cek lagi apakah angka tersebut jika di bagi dengan 2 sama dengan 0 (nol), jika iya maka             output “ ini adalah bilangan genap”, jika tidak output “ini adalah bilangan ganjil.

·     else yang terakhir adalah jika ternyata angka yang di masukkan adalah sama dengan 0 (nol) maka          output “ bilangan ini tidak genap ataupun ganjil”.


kita memakai nested conditional ini adalah untuk di pakai Ketika kita mempunyai situasi yang kompleks dan jika suatu Keputusan kondisi itu bergantung kepada beberapa kondisi yang lainnya, dan juga untuk mengatur kondisi yang memerlukan Keputusan yang lebih detail. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Array

FUNGSI REKURSIF PERTAMBAHAN

Input Output dan Operasi