LOOPING

 

LOOPING

 

Looping adalah sebuah konsep Dimana blok kode di eksekusi berulang kali berdasarkan kondisi yang di tentukan. Looping memungkinkan anda untuk melakukan tugas yang sama berulang kali tanpa harus menulis ulang kode yang sama. Looping ini sangat efisien Ketika kita ingin melakukan operasi yang sama pada sejumlah blok kode atau data atau jika kita ingin mengulang beberapa intruksi sampai kondisi yang di inginkan terpenuhi.

 

Looping terbagi menjadi beberapa tipe, yaitu :

 

1.    For loop

Cara kerja dari for loop ini adalah mengulangi atau menjelajah serangkaian nilai dalam batas tertentu. For loop digunakan biasanya untuk mengulangi suatu blok kode dengan inisialisasi, kondisi dan iterasi tertentu.


Disini variabel x akan mengambil nilai dari 0 sampai dengan 5, dan di setiap nomor akan menjalankan pernyataan yang ada di dalam loop setiap kali looping. Jadi pernyataan akan terus di lakukan sampai kondisi yang diminta terpenuhi.

 

 

2.    While loop

Cara kerja dari loop ini adalah dia akan terus mengulang selama kondisi yang di berikan benar. Dalam menggunakan loop ini kita juga di perlukan yang Namanya kondisi Batasan agar tidak terjadi yang Namanya infinity loop, yang Dimana loop terus berulang tidak berhenti karena tidak adanya kondisi Batasan.



Nah disini variabel a itu bernilai 0, kemudian looping akan terus berjalan jika nilai dari variabel a itu masih kurang atau sama dengan 5. Jadi pertama dilihat nilai variabel a adalah 0, berarti masih kurang dari 5 maka blok kode di dalam loop akan di jalankan, yang di jalankan pertama adalah meng output tulisan, kemudia setelah itu blok program yang di jalankan adalah a = a + 1, artinya nilai variabel a itu di tambah satu, maka sekarang nilai variabel a adalah 1, Kembali lagi ke atas karena variabel nilainya sudah di tambah satu maka sekarang a bernilai 1 namun apakah 1 masih kurang atau sama dengan 5, tentu belum maka dari itu looping akan berjalan lagi . looping akan berhenti jika nilai a itu sudah melewati angka 5 atau sama dengan 5. Jadi jika tujuan yang kita tuju itu sudah tercapai maka akan berhenti.

3.    Do – while loop

Loop do – while adalah loop yang mirip dengan loop while, namun loop ini setidaknya satu kali, bahkan jika kondisinya salah. Loop ini mengerjakan sebuah blok program terlebih dahulu baru melihat kondisi yang di butuhkan, lalu loop ini akan terus berjalan selama kondisinya benar.

Disini nilai dari variabel a itu adalah 0, looping do – while itu adalah blok program yang ada di dalam looping itu di eksekusi terlebih dahulu baru kondisi. Jadi pertama disini program meng output tulisan “ ini adalah loop” kemudian nilai variabel a itu di tambah dengan satu, jadi sekarang nilai variabel a adalah satu, kemudian baru masuk ke dalam kondisi untuk di cek apakah nilai variabel a itu masih kurang atau sama dengan 5, jika kondisi benar maka looping akan di jalankan lagi yaitu meng output tulisan kemudian nilai variabel a di tambah dengan satu berati nilai variabel a sekarang adalah dua dan kemudian di cek kondisi lagi, begitu seterusnya.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Array

FUNGSI REKURSIF PERTAMBAHAN

Input Output dan Operasi