Apa itu Pemograman?
Apa itu pemograman?
Pemrograman adalah proses membuat instruksi yang dapat
dipahami dan dijalankan oleh computer.Simpelnya,Pemograman adalah proses
membuat progam dikomputer, Ini melibatkan penulisan kode menggunakan bahasa
pemrograman seperti Python, Java, atau C++ dan mengubahnya menjadi serangkaian
perintah yang dapat dijalankan di komputer.
Pemrograman
memungkinkan kita membuat aplikasi, perangkat lunak, dan situs web yang kita
gunakan setiap hari.
Mulai dari game
hingga aplikasi perbankan, hampir segala sesuatu yang berhubungan dengan
teknologi komputer memerlukan pemrograman.
Pemrograman dimulai dari beberapa tahapan dimulai dari
Problem – Analisa – Perancangan – Rencana
- Coding.Kemudian Dibuggin – Test – Implementasi – Dokumentasi.
Dalam membuat sebuah program kita harus belajar Bahasa
pemrograman dan belajar pemrograman.
Belajar pemrograman beda dengan Bahasa pemrograman
Belajar pemrograman
Belajar pemograman adalah belajar tentang bagaimana
Menyusun strategi dan ideologi untuk memecahkan suatu masalah, kemudian
menuliskan algoritma pemecah masalah tersebut di dalam notasi yang sudah di
sepakati bersama. Belajar pemrograman lebih bersifat tentang memecahkan
persoalan dan Analisa.
Sedangkan belajar Bahasa pemrograman adalah belajar
mengenai bagaimana cara memakai suatu Bahasa, aturan sintaks, intruksi –
intruksinya, tata cara pemakaian compilernya, Menyusun sintaks agar dapat
berjalan. Belajar Bahasa pemrograman lebih bersifat tentang keterampilan dalam
Menyusun sebuah Bahasa agar dapat berjalan dari pada meng – Analisa.
Di dalam pemrograman, kita lebih di tekankan kepada
pemecahan masalah dari pada penulisan kode menggunakan Bahasa pemrograman,
aktivitas menulis kode adalah aktivitas yang dilakukan terakhir. Ketika di
hadapkan dengan suatu masalah maka Langkah awal yang di lakukan adalah mencari
Solusi dari masalah tersebut, kita memikirkan rancangan strategi yang
diperlukan untuk memecahkan masalah terlebih dahulu, membuat struktur dari
pemecah masalah tanpa menggunakan Bahasa pemrograman. Di dalam rancangan
tersebut berisi Langkah – Langkah pemecah masalah yang kemudian di tulis di
dalam sebuah notasi algoritmik. Dalam belajar pemrograman yang terpenting
bukanlah membuat sebuah program “yang
penting jadi” namun membuat sebuah program yang benar, bermanfaat dan sesuai
dengan skema yang benar.
Setelah rancangan pemecah masalah telah selesai di
rancang, di tulis di notasi barulah berikutnya adalah menuliskan rancangan
tersebut menggunakan Bahasa pemrograman yang dibutuhkan agar komputer dapat
meng eksekusi program tersebut dan dapat di jalankan. Setelah selesai
menulisakan rancangan menggunakan Bahasa pemrograman masuk ke tahap debugging
Dimana kita mencari dan memperbaiki kesalahan atau bug yang ada di dalam kode
yang telah kita tuliskan. Kemudian setelah itu implementasi kan kode tersebut
agar mencapai tujuan dari kode tersebut dibuat, kemudian setelah itu maka
lanjut ke tahap test, yaitu program yang sudah di buat kemudia di test untuk
mengidentifikasi kesalahan atau fitur yang sesuai dengan persyaratan, setelah
itu maka di lakukan dokumentasi untuk menjelaskan bagaimana program tersebut
berjalan, menjelaskan setiap blok program dalam program.
Komentar
Posting Komentar